Search

Harga Minyak Terkerek Seiring Kabar Pengembangan Antivirus Corona - Katadata.co.id

Harga minyak mentah dunia hari Kamis (6/2) terkerek setelah adanya laporan di sejumlah media yang menyatakan para ilmuwan sedang mengembangkan vaksin untuk mengobati virus corona. Kenaikan juga didukung oleh organisasi negara pengekspor minyak (OPEC) yang mempertimbangkan pemangkasan produksi guna mengatasi potensi tekanan harga minyak global.

Dikutip dari Bloomberg pada pukul 7.49 WIB hari ini (6/2), harga minyak Brent untuk kontrak April 2020 naik 2,45% ke level US$ 55,28 per barel. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Maret 2020 naik 0,61% menjadi US$ 51,06 per barel.

Sejauh ini, wabah tersebut telah menewaskan hampir 500 orang serta membuat aktivitas ekonomi global dan permintaan minyak terbebani. Sedangkan perusahaan minyak Tiongkok yakni Sinopec juga memangkas produksinya karena turunnya permintaan akibat wabah ini.

“Orang dapat melihat seberapa baik solusi medis atau indikasi bahwa kita telah mencapai titik balik dalam perkembangan wabah virus,” kata analis BNP Paribas Harry Tchilinguirian dilansir dari Reuters, Kamis (6/2).

(Baca: Efektif Lawan SARS dan MERS, Uji Klinis Antivirus Corona Dimulai)

Surat kabar asal Tiongkok yakni Changjiang Daily, melaporkan bahwa tim peneliti yang dipimpin Profesor Li Lanjuan dari Universitas Zhejiang, mengindikasikan obat Abidol dan Darunavir dapat menghambat perkembangan virus ini.

Secara terpisah, Sky News melaporkan ilmuwan Inggris membuat terobosan signifikan untuk menemukan vaksin. Caranya dengan mengurangi waktu pengembangan vaksin normal dari dua hingga tiga tahun menjadi hanya 14 hari.

Konsultan ekonomi kenamaan yakni Capital Economics juga memperkirakan konsumsi minyak di Tiongkok akan  turun 10% pada kuartal I 2020. “Ini berdasarkan perkiraan bahwa ekonomi Tiongkok hanya mencapai 3% pada kuartal I 2020,” demikian keterangan tertulis Capital Economics.

(Baca: Jokowi Serahkan Perawatan WNI Terdampak Virus Corona kepada Singapura)

OPEC dan sekutunya termasuk Rusia juga telah membahas dampak virus corona terhadap permintaan minyak dunia. Namun Rusia memberi sinyal bahwa mereka tak mendukung pemangkasan produksi lebih jauh.

Reporter: Verda Nano Setiawan

Let's block ads! (Why?)



"minyak" - Google Berita
February 06, 2020 at 09:22AM
https://ift.tt/2S4eXmM

Harga Minyak Terkerek Seiring Kabar Pengembangan Antivirus Corona - Katadata.co.id
"minyak" - Google Berita
https://ift.tt/2qtzGFm
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Minyak Terkerek Seiring Kabar Pengembangan Antivirus Corona - Katadata.co.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.