Search

Menristek Resmikan Mesin Fraksinasi Nilam di Unsyiah, Mampu Hasilkan 24 Ton Minyak Setahun - Serambi Indonesia

Menristek menyatakan, mesin bantuan BPPT itu berfungsi mengubah minyak atsiri mentah menjadi minyak yang sudah diproses

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Republik Indonesia, Prof Dr Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro MUP meresmikan penggunaan mesin fraksinasi nilam di Atsiri Research Center (ARC) Unsyiah, Jumat (28/02/2020).

Mesin fraksinasi itu merupakan bantuan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), setelah ARC Unsyiah ditetapkan Kemenristeko sebagai salah satu Pusat Unggulan Iptek (PUI) di Indonesia.

Sebelumnya, pada 15 Desember 2015 sebuah lembaga di lingkungan Unsyiah juga ditetapkan sebagai PUI binaan Kemenristek, yakni Pusat Riset Tsunami dan Mitigasi Bencana atau Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC).

Bangkai Penyu Hijau Ditemukan Mengapung di Permukaan Laut Aceh Selatan

Peresmian mesin fraksinasi nilam itu dihadiri Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal MEng, IPU, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Dr Hammam Riza, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Zainal Arifin Lubis, dan para civitas akademika di lingkungan Unsyiah.

Dalam kesempatan itu Menristek menyatakan, mesin bantuan BPPT itu berfungsi mengubah minyak atsiri mentah menjadi minyak yang sudah diproses sehingga dapat meningkatkan nilai tambah minyak atsiri, bukan saja nilam, tetapi juga minyak serai wangi dan lainnya.

Hari Ini, PLN Padamkan Listrik di Kota Langsa Selama 2 Jam Sejak Pukul 09.00 Pagi

Menurut Bambang, tanaman sederhana menjadi komoditas yang begitu berharga itu dimungkinkan berkat adanya inovasi dari para peneliti yg tentunya bermanfaat bagi rakyat Aceh.

"Tentunya ini bukan hanya untuk civitas akademika Unsyiah, tapi kegunaan mesin ini juga untuk masyarakat Aceh dan petani nilam itu sendiri," kata Menristek.

Menteri menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Unsyiah yang tiada henti-hentinya melakukan inovasi untuk meningkatkan nilai tambah minyak nilam.

Ini Jadwal Pengumuman Hasil Ujian SKD Pelamar CPNS di Bireuen, Diminta Bersabar

Let's block ads! (Why?)



"minyak" - Google Berita
February 29, 2020 at 08:52AM
https://ift.tt/2wX1029

Menristek Resmikan Mesin Fraksinasi Nilam di Unsyiah, Mampu Hasilkan 24 Ton Minyak Setahun - Serambi Indonesia
"minyak" - Google Berita
https://ift.tt/2qtzGFm
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menristek Resmikan Mesin Fraksinasi Nilam di Unsyiah, Mampu Hasilkan 24 Ton Minyak Setahun - Serambi Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.