Search

IEA: OPEC+ Tidak Dapat Menyelamatkan Pasar Minyak - Investor Daily

JAKARTA, Investor.id- Direktur Eksekutif dari Badan Energi Internasional (IEA) Fatih Birol mengatakan, meskipun kelompok OPEC + dan produsen minyak utama lainnya di dunia menyetujui pemotongan produksi sebesar 10 juta barel per hari, mereka tidak akan mampu mencegah kehancuran permintaan minyak akibat pendemi virus corona (Covid-19).

Langkah-langkah yang telah diambil oleh banyak negara untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid dengan cara meratakan kurva, telah menyebabkan permintaan minyak dunia anjlok cukup dalam. Pasalnya, banyak negara melakukan lockdown dan masyarakat dunia mengurangi aktivitasnya dengan mengisolasi diri di rumah.

Kondisi seperti ini belum pernah terjadi dan menghancurkan volume permintaan minyak. Lebih dari dari 3 miliar orang, dari India ke Eropa hingga Amerika Serikat, tetap terkunci. Sebagai akibat dari perjalanan komuter yang terbatas, penerbangan darat, dan perlambatan ekonomi, permintaan minyak pada April diperkirakan turun sebesar 20 juta barel per hari dibanding tahun sebelumnya (year of year/YOY), bahkan mungkin lebih.

Meskipun OPEC + plus menyetujui, dan menerapkan pemotongan kolektif 10 juta barel per hari, menurut dia, persediaan minyak global akan tetap naik 15 juta barel per hari pada kuartal kedua.

IAE mengatakan, sisi produksi bisa diupayakan, tetapi sisi konsumsi tidak bisa distabilisasi karena seluruh dunia masih terkunci. Konsumen tidak dapat bereaksi terhadap penurunan harga seperti biasanya, dengan mengonsumsi lebih banyak.

Sementara itu, produsen dari kelompok OPEC + dan dari kelompok lain diharapkan untuk membahas cara-cara potensial guna mengatasi keguncangan pasar minyak. Harga minyak sudah anjlok di bawah kewajaran, bahkan sempat diperdagangkan pada level di bawah US$ 20 per barel, lebih murah dari harga bir Kanada.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump menggembar-gemborkan pengurangan 10 juta barel per hari, dan mungkin 15 juta barel per hari. Namun, banyak analis minyak, tetap skeptis bahwa kesepakatan tersebut dapat dicapai dan diimplementasikan.

Berita Terkait

Let's block ads! (Why?)



"minyak" - Google Berita
April 05, 2020 at 02:26PM
https://ift.tt/39IacoS

IEA: OPEC+ Tidak Dapat Menyelamatkan Pasar Minyak - Investor Daily
"minyak" - Google Berita
https://ift.tt/2qtzGFm
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "IEA: OPEC+ Tidak Dapat Menyelamatkan Pasar Minyak - Investor Daily"

Post a Comment

Powered by Blogger.