Search

Harga Minyak Naik Tipis Dihantui Dampak Virus Corona Terhadap Konsumsi - Katadata.co.id

Harga minyak mentah dunia menunjukan tren positif setelah terpuruk pada beberapa sesi sebelumnya perdagangan sebelumnya. Terpuruknya harga minyak dipicu oleh kekhawatiran pasar terkait dampak wabah virus corona terhadap permintaan energi.

Dikutip dari Bloomberg pada pukul 8.29 WIB hari ini (5/2), harga minyak jenis Brent untuk kontrak April 2020 naik tipis 0,59% menjadi US$ 54,28 per barel. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Maret 2020 naik tipis 0,62% menjadi US$ 49,92 per barel.

Adapun, harga minyak merosot tajam lebih dari 20% sejak awal Januari seiring merebaknya wabah virus corona. Adapun hingga Selasa (4/2), virus yang berasal dari Wuhan tersebut telah menewaskan 427 orang dan menginfeksi 20.438 orang di Tiongkok.

Meski demikian, kekhawatiran wabah virus corona akan berdampak terhadap permintaan energi dunia, terus menghantui. Komite OPEC+ pun telah mengadakan pertemuan untuk menaksir dampak wabah virus corona terhadap permintaan minyak global dan pertumbuhan ekonomi.

(Baca: Harga Minyak Kembali Tertekan Imbas Virus Corona)

Sebuah sumber mengungkapkan bahwa OPEC+ mempertimbangkan untuk memangkas produksi minyak mentah sebanyak 500.000 barel per hari (bph).

Meski begitu, para produsen harus berjuang lebih keras  untuk memangkas produksi minyak lebih banyak lagi, mengingat belum diketahui secara pasti berapa lama krisis virus mematikan ini akan berlangsung.

Kepala keuangan BP Brian Gilvary mengatakan dampak ekonomi dari virus corona akan mengurangi konsumsi minyak sepanjang tahun sebesar 300.000 hingga 500.000 bph atau sekitar 0,5% dari permintaan global. Di sisi lain, Goldman Sachs memperingatkan dampak virus corona terhadap permintaan akan membuat volatilitas harga spot naik.

"Harga minyak sekarang berada pada level di mana kita akan mengharapkan respons pasokan dari OPEC dan produsen, dan di mana Tiongkok kemungkinan akan berusaha untuk membangun persediaan minyak mentah," tulis Goldman Sachs dalam sebuah pernyataan.

(Baca: Imbas Virus Corona, Harga Minyak Capai Level Terendah dalam 13 Bulan)

Reporter: Verda Nano Setiawan

Let's block ads! (Why?)



"minyak" - Google Berita
February 05, 2020 at 09:29AM
https://ift.tt/36ZRpDO

Harga Minyak Naik Tipis Dihantui Dampak Virus Corona Terhadap Konsumsi - Katadata.co.id
"minyak" - Google Berita
https://ift.tt/2qtzGFm
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Minyak Naik Tipis Dihantui Dampak Virus Corona Terhadap Konsumsi - Katadata.co.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.