Search

Pakistan Janji Beli Minyak Sawit Malaysia, Harga CPO Naik 2% - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak sawit mentah (CPO) merangkak naik pada perdagangan hari ini setelah Perdana Menteri Pakistan akan membeli minyak sawit dari Malaysia untuk mengkompensasi turunnya pembelian dari India.

Hubungan Malaysia dan India memang belum menemukan titik temu. Panasnya hubungan bilateral kedua negara diakibatkan oleh kritik Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad atas sikap India yang dinilainya menginvasi Kashmir.

Mahathir kembali mengkritik India terkait kebijakan undang-undang kewarganegaraan yang baru. Mahathir menilai undang-undang tersebut sebagai sikap intoleran dan anti-Islam India.


Pakistan Janji Beli Minyak Sawit Malaysia, Harga CPO Naik 2%Foto: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mendengarkan Perdana Menteri Cina Li Keqiang pada KTT ASEAN-China di Singapura pada 14 November 2018. REUTERS / Edgar Su

Kritik tersebut dinilai India sebagai bentuk mencampuri urusan internal negara lain dan membuat negara yang dipimpin Narendra Modi itu geram. Kritik tersebut berbuntut panjang.

Awal Januari lalu India secara resmi melarang impor minyak sawit olahan dan secara informal meminta pelaku industri domestik untuk tak membeli minyak sawit dari Malaysia. Akibatnya sejak Oktober tahun lalu, ekspor minyak sawit Malaysia ke India merosot tajam.


Situasi kian memburuk ketika virus corona makin merebak. Virus yang menyebabkan pneumonia ini kini telah menjangkiti 24.505 orang di 27 negara dan 493 orang terenggut jiwanya. Kasus ini paling banyak dilaporkan di China, tempat pertama kali virus ini ditemukan.

Apa yang dikhawatirkan pelaku pasar adalah dampak virus corona ini dapat memukul perekonomian China juga permintaan terhadap minyak nabati. Seperti diketahui bersama China merupakan pembeli minyak nabati terbesar kedua di dunia setelah India. Kasus virus corona juga turut menekan harga CPO.

Namun kemarin, harga CPO mendapat angin segar setelah Perdana Menteri Pakistan Imran Khan bersedia membeli minyak sawit Malaysia dengan jumlah yang lebih banyak. Akibatnya hari ini harga CPO melesat 2,25% ke level RM 2.728/ton.

Khan mengatakan hal tersebut pada kunjungannya ke Malaysia kemarin. "Benar, apalagi setelah India mengancam Malaysia yang mendukung Kashmir, mengancam akan memangkas impor minyak sawit" kata Khan, "Pakistan akan melakukan yang terbaik untuk mengkompensasi hal itu" tambahnya.


India merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Hindu, sementara Pakistan mayoritas penduduknya beragama Islam. Dua negara ini terlibat dalam konflik sejak 1947 dan terlibat kisruh untuk memperebutkan teritori yakni Kashmir.

Sebagai informasi, bulan lalu Pakistan diperkirakan membeli minyak sawit Malaysia sebanyak 135.000 ton. Menurut data asosiasi, pada 2019 Pakistan membeli minyak sawit dari Malaysia sebanyak 1,1 juta ton, sementara pada periode yang sama impor minyak sawit Malaysia oleh India mencapai 4,4 juta ton.

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

(twg/twg)

Let's block ads! (Why?)



"minyak" - Google Berita
February 05, 2020 at 12:32PM
https://ift.tt/2RWJfYP

Pakistan Janji Beli Minyak Sawit Malaysia, Harga CPO Naik 2% - CNBC Indonesia
"minyak" - Google Berita
https://ift.tt/2qtzGFm
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pakistan Janji Beli Minyak Sawit Malaysia, Harga CPO Naik 2% - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.