Search

5 Manfaat Minyak Zaitun yang Baik untuk Kesehatan Tubuh - merdeka.com

5 Manfaat Minyak Zaitun yang Baik untuk Kesehatan Tubuh manfaat minyak zaitun. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Minyak zaitun, merupakan minyak yang dihasilkan dari tanaman zaitun yang banyak ditemukan di Kawasan Mediterania seperti di Timur Tengah, Italia, Spanyol, Yunani, dan negara kain di sekitarnya. Khasiat dari minyak satu ini memang telah terbukti dan sudah dikenal sejak zaman lampau.

Misalnya, menurut bapak ilmu kedokteran Hippocrates, memberi pernyataan bahwa zaitun memiliki nilai terapi yang tinggi bagi kesehatan. Pernyataan tersebut kembali diteguhkan oleh ahli biokimia pangan dan gizi dari Universitas Negeri Jakarta, Dr. Ir. Alsuhendra Msci.

Kandungan vitamin E, K, lemak (termasuk omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak tak jenuh) phenolic, serta zat besi dalam minyak zaitun dipercaya dapat mendukung kesehatan tubuh. Minyak ini juga dapat dijadikan sebagai pengganti minyak kelapa atau minyak yang mengandung kadar lemak jenuh tinggi.

Untuk mengetahui manfaat minyak zaitun lebih dalam, berikut 5 manfaat minyak zaitun yang baik bagi kesehatan tubuh anda

1 dari 5 halaman

1. Memiliki sifat Anti-kanker

2020 Liputan6.com

Manfaat minyak zaitun yang baik untuk kesehatan tubuh anda adalah minyak zaitun memiliki kandungan sifat anti kanker. Pada era saat ini, kanker merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian paling umum di dunia. Kanker menjadi penyakit yang sangat ditakuti di kalangan masyarakat karena dampaknya.

Dilansir dari liputan6.com, di negara asalnya yaitu Mediterania, kebannyakan penduduk negara tersebut meiliki risiko lebih rendah terhadap berbagai jenis kanker, dan banyak peneliti percaya bahwa minyak zaitun menjadi sumber bagi kesehatan tubuh mereka.

Antioksidan dalam minyak zaitun memiliki sifat dapat mengurangi kerusakan oksidatif akibat radikal bebas, yang hingga saat ini masih diyakini sebagai penyebab utama timbulnya kanker. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa senyawa dalam minyak zaitun mengandung zat yang dapat melawan sel kanker.

Namun, hingga saat ini penelitian masih terus dilakukan untuk memastikan apakah minyak zaitun merupakan salah satu cara untuk dapat mengurangi resiko kanker

2 dari 5 halaman

2. Sifat Antibakteri

2020 Liputan6.com

Manfaat minyak zaitun yang baik untuk kesehatan tubuh anda selanjutnya adalah minyak ini dipercaya memiliki kandungan sifat antibakteri. Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang menghambat atau membunuh bakteri-bakteri berbahaya.

Dilansir dari liputan6.com, salah satu bakteri berbahaya yang dapat dicegah adalah helibacter pylori, bakteri yang hidup di perut dan dapat menyebabkan tukak lambung dan kanker perut.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan membuktikan bahwa minyak zaitun mampu melawan delapan jenis bakteri, tiga diantaranya adalah resisten terhadap antiobiotik.

Sebuah studi pernah membuktikan bahwa manusia yang mengonsumsi sedikitnya 30 gram minyak zaitun extra virgin setiap hari, dapat menghilangkan infeksi helicobacter pylori pada 10-40% orang hanya dalam waktu dua minggu.

3 dari 5 halaman

3. Mencegah Stroke

2020 Liputan6.com

Manfaat minyak zaitun yang baik bagi kesehatan tubuh yang berikutnya adalah berguna sebagai obat pencegah stroke. Stroke adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak, baik karena gumpalan darah atau pendarahan. Pada sebuah penelitian, stroke merupakan penyebab kematian umum nomor dua tepat dibelakang penyakit jantung.

Sebuah tinjauan besar studi di 841.000 orang menemukan fakta bahwa minyak zaitun merupakan satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan pengurangan risiko stroke dan penyakit jantung.

Dalam rubik ulasan lain, dari 140.000 peserta, seseorang yang telah rutin mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah daripada seseorang yang tidak mengonsumsi sama sekali.

4 dari 5 halaman

4. Mencegah Penyakit Jantung

2020 Liputan6.com

Manfaat minyak zaitun yang baik untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah minyak zaitun dapat digunakan sebagai solusi mencegah penyakit jantung. Studi pengamatan yang telah dilakukan beberapa dekade ini telah menunjukkan bahwa penyakit jantung lebih jarang ditemukan di negara asal tanaman zaitun, Mediterania.

Dengan adanya bukti tersebut, penelitian lebih lanjut mulai diadakan untuk meneliti makanan para penduduk Mediterania, yang sekarang telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Minyak zaitun extra virgin merupakan salah satu bahan utama dalam makanan yang dikonsumsi para penduduk Mediterania.

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan di antaranya adalah

  • Menurunkan peradangan
  • Melindungi kolesterol jahat dari oksidasi
  • Meningkatkan lapisan pembuluh darah
  • Membantu mencegah pembekuan darah yang berlebihan
  • Menurunkan tekanan darah

5 dari 5 halaman

5. Mengurangi Risiko Alzheimer

2020 Liputan6.com

Manfaat minyak zaitun yang baik untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah minyak zaitun dapat dipercaya untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Alzheimer merupakan kondisi neurodegeneratif yang paling umum di dunia. Salah satu penyebab utama pada penyakit ini adalah penumpukan plak beta-amiloid di dalam sel-sel otak.

Pada sebuah penelitian pernah membuktikan bahwa makanan Mediterania yang kaya akan minyak zaitun memberikan manfaat bagi fungsi otak. Namun, terkait dengan hal tersebut masih dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memberikan fakta terkait dengan minyak zaitun tersebut.

[raf]

Let's block ads! (Why?)



"minyak" - Google Berita
February 21, 2020 at 06:00AM
https://ift.tt/3bWBrOM

5 Manfaat Minyak Zaitun yang Baik untuk Kesehatan Tubuh - merdeka.com
"minyak" - Google Berita
https://ift.tt/2qtzGFm
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Manfaat Minyak Zaitun yang Baik untuk Kesehatan Tubuh - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.