Search

Minyak Mentah Jeblok, Jokowi Minta Harga BBM Dihitung Ulang - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kementerian terkait untuk melakukan perhitungan ulang harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia. Kalkulasi ini perlu dilakukan seiring dengan merosotnya harga minyak dunia belakangan ini.

“Saya minta dikalkulasi, dihitung dampak dari penurunan ini (harga minyak dunia) pada perekonomian kita terutama BBM (bahan bakar minyak). Baik BBM bersubisidi maupun BBM non-subsidi,” katanya dari Istana Merdeka, Jakarta dalam rapat terbatas melalui video conference dengan kabinet Indonesia Maju, Rabu, 18 Maret 2020.

Jokowi menyebutkan, dengan kondisi harga minyak dunia telah turun hingga ke level sekitar US$ 30 per barel, pemerintah perlu merespons dengan kebijakan yang tepat. “Kita harus merespons dengan kebijakan yang tepat dan kita juga harus bisa memanfaatkan momentum dan peluang ini,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan bahwa minyak mentah mengalami tekanan hingga anjlok ke level US$ 30-an per barel. "Memang jadi masalah, tapi kan semua negara mengalami ini bukan kita saja," ujarnya melalui siaran langsung resmi Kementerian Maritim dan Investasi, Senin, 16 Maret 2020.

Meski begitu, menurut Luhut, penurunan harga minyak dunia belum bisa menjadi alasan untuk melakukan penurunan harga BBM di dalam negeri. Sebab, jika perang minyak antara Arab Saudi dan Rusia mereda, ia yakin harga minyak dunia akan kembali merangkak naik.

"Apakah ada penurunan harga BBM? Terlalu awal untuk kita memprediksi karena kita belum tahu. Kalau nanti Saudi dan Rusia damai, (harga minyak) naik lagi ke atas. Nanti terlalu cepat kita antisipasi itu," ucap Luhut.

Adapun Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko PT Pertamina (Persero) Heru Setiawan sebelumnya mengatakan masih perlu berkoordinasi terkait dampak penurunan harga minyak dunia.

Let's block ads! (Why?)



"minyak" - Google Berita
March 18, 2020 at 12:08PM
https://ift.tt/3aZlOVk

Minyak Mentah Jeblok, Jokowi Minta Harga BBM Dihitung Ulang - Tempo
"minyak" - Google Berita
https://ift.tt/2qtzGFm
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Minyak Mentah Jeblok, Jokowi Minta Harga BBM Dihitung Ulang - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.